PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN PAUD NURUL ULUM DI DESA SUKASARI KECAMATAN RUMPIN KABUPATEN BOGOR

PUADAH, YULIAH SAMROTUL (2024) PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN PAUD NURUL ULUM DI DESA SUKASARI KECAMATAN RUMPIN KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of YULIAH SAMROTUL PUADAH - 19210065.pdf] Text
YULIAH SAMROTUL PUADAH - 19210065.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Iqro’ ini dapat mengembangkan kemampuan membaca Huruf Hijaiyah anak usia 5-6 Tahun di PAUD Nurul Ulum di Desa Sukasari Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Nurul Ulum Desa Sukasari Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar kuesioner dan lembar wawancara.
Hasil observasi yang dilakukan, peneliti melihat di PAUD Nurul Ulum inisudah menggunakan metode Iqro’ dalam mengenalkan Huruf Hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun. Dari 20 anak masih ada beberapa anak yang belum sepenuhnya menyimak perkataan orang lain (guru), mengulang kalimat sederhana (mengucapkan kembali Huruf Hijaiyah yang diucapkan oleh guru), mengenal simbol-simbol (tanda baca pada Huruf Hijaiyah).
Hasil penelitian dari 20 anak, ada 13 anak yang masuk kriteria berkembang sangat baik dan 7 anak yang memiliki kriteria berkembang sesuai harapan.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode Iqro’ dalam mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun PAUD Nurul Ulum di Desa Sukasari Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor adalah efektif, karena dengan penerapan metode Iqro’ mampu meningkatkan kemampuan anak dalam membaca dan mengenal huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Khoerudin, S.Sos.I.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Iqro’, Huruf Hijaiyah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 15 May 2025 04:15
Last Modified: 15 May 2025 04:15
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item
View Item