SAPUTRA, DWI ARDI (2024) POLA INTERAKSI KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS MTs AL – KHAIRIYAH). Diploma thesis, UNUSIA.
DWI ARDI SAPUTRA - 2013161.pdf
Download (903kB)
Abstract
Interaksi merupakan hubungan kontak antar manusia, baik individu maupun kelompok. Dalam kehidupan kita sehari-hari, disadari atau tidak, interaksi adalah salah satu bentuk komunikasi. Dan komunikasi adalah bagian dari kehidupan itu sendiri, sebagaimana manusia berkomunikasi dalam hubungan dan kehidupannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menemukan bagaimana pola interaksi komunikasi guru dan siswa dalam belajar PAI di MTs Al-Khairiyah Kp. Bahari di era digital. (2) Mengidentifikasi hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran PAI di MTs Al-Khairiyah Kp. Bahari di era digital. (3) Menemukan solusi untuk mengatasi hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran PAI di MTs Al-Khairiyah Kp. Bahari di era digital.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dari wawancara dengan guru PAI dan salah satu siswa di MTs Al Khairiyyah Kp. Bahari sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini antara lain : (1) Ini tentang Pola Interaksi Komunikasi yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Era Digital di MTs Al Khairiyyah Kp. Bahari yaitu menggunakan pola komunikasi dua arah dan mengajar dengan cara yang menarik. (2) Hambatan yang terjadi dalam pola komunikasi ini mungkin disebabkan dan diakibatkan oleh kesalahan Bahasa yang digunakan guru. Artinya banyak menggunakan Bahasa asing yang tidak dipahami siswa. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan interaksi komunikasi tersebut adalah cara guru PAI memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan kepada siswa. Hal ini meningkatkan suasana kelas yang lebih baik, membuat siswa lebih mudah menerima materi PAI, dan meningkatkan komunikasi.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Yudril Basith, M.A |
| Uncontrolled Keywords: | Pola interaksi komunikasi, guru PAI, hambatan, siswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 05:03 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 05:03 |
| URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/905 |
