PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAJELIS TA’LIM (MASJID JAMI TAMBORA JAKARTA BARAT)

SAPUTRA, EGI BAYU (2024) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAJELIS TA’LIM (MASJID JAMI TAMBORA JAKARTA BARAT). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Egi Bayu Saputra - 17.13.00.32.pdf] Text
Egi Bayu Saputra - 17.13.00.32.pdf

Download (2MB)

Abstract

Majlis Ta’lim merupakan wadah pembentukan jiwa dan kepribadian yang agamis yang berfungsi sebagai stabilisator dalam seluruh gerak aktivitas kehidupan umat Islam. Kekosongan terhadap ilmu agama akan membawa kepada kesalahan dalam beribadah dan juga bersosialisasi dengan masyarakat. Majlis Ta’lim merupakan Lembaga non formal yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan pengetahuan agama yatiu sebagai wadah pembinaan umat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan kurikulum Pendidikan Agama Islam serta mengetahui tanggapan Masyarakat dengan adanya pendidikan Agama Islam di masjid Jami Tambora.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi atau gabungan. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan informasi peneliti melakukan observasi, wawancara dengan 3 (tiga) informan. Yang terdiri dari ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid), Pengajar dan salah Satu Masyarakat sekitar Masjid Jami Tambora. Teknik wawancara peneliti menggunakan pedoman wawancara. Untuk mendapatkan infromasi tambahan agar lebih akurat lagi, peneliti menggunakan dokumentasi.
Berdasarkan hasil dari pengumpulan data peneliti lewat wawancara dan observasi peneliti mendapatkan bahwa adanya proses pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Majlis Ta’lim Masjid Jami Tambora di mulai tahun 2022. Seperti pada umunya pendidikan itu mempunyai kurikulum yang sudah sempurna, berbeda dengan majlis ta’lim ini yang masih menggunakan kurikulum tersendiri. Pengaruh adanya kegiatan Majlis ta’lim ini tergolong kuat dan baik, dari hasil analisis dan data yang telah peneliti dapatkan, maka dapat di simpulkan bahwa respon Masyarakat dengan adanya Pendidikan Agama Islam di Majlis Ta’lim Masjid Jami Tambora ini adalah sangat positif serta melahirkan perubahan yang positif juga bagi kehidupan Masyarakat sekitar Masjid Jami Tambora.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Hayaturrahman, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Kurikulum dan Respon Masyarakat
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 28 Oct 2025 04:54
Last Modified: 28 Oct 2025 04:54
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor