MARTINI, ENTIN (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENGATASI KETERBATASAN ALOKASI WAKTU BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM PARUNG. Diploma thesis, UNUSIA.
ENTIN MARTINI - 17130070.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini menjabarkan tentang pengertian alokasi waktu belajar, pengertian strategi pembelajaran inkuiri dan tahapan-tahapan dalam pembelajaran inkuri, penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam mapel pai dapat mengatasi keterbatasan alokasi belajar siswa di sekolah. Penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran inkuiri pernah dilakukan oleh Akramunnisa ( 2018 ) yang menjabarkan bahwa hasil belajar siswa bisa ditingkatkan dengan menggunakan penerapan strategi inkuiri dalam pembelajaran, penelitian yang sama juga dilakukan oleh Maryance ( 2018 ) dengan hasil penelitian bahwa aktivitas belajar siswa dapat dipengaruhi oleh penerapan strategi inkuiri yang dapat meningkatkan daya ingat siswa dalam belajar, dan hasil penelitian yang sekarang peneliti teliti mendapatkan hasil bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri bisa mengatasi masalah keterbatasan alokasi waktu belajar siswa di kelas.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mendeskeipsikan hasil data berupa informasi kegiatan penelitian dari pada bulan januari - februari 2021 yang berlokasi di SMP Islam Parung tepatnya di JL.Raya Parung No. 648, Parung Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dengan informan Kepala Sekolah, Bidang Kurikulum, guru PAI SMP Islam Parung kelas VIII dan siswa SMP Islam Parung kelas VIII. Reduksi data dilakukan peneliti dalam menganalisis data dengan memilih hal-hal pokok atau memfokuskan hal-hal yang penting dalam penelitiannya untuk diamati kemudian data yang sudah direduksi disajikan dengan tersusun dan rapi sehingga data yang disajikan terorganisir dan mudah dipahami kemudian peneliti melakukan penarikan kesimpulan yang didapat dari data tersebut. Triangulasi dilakukan peneliti sebagai validitas data.
Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa di SMP Islam Parung guru menjalankan dengan baik model-model pembelajaran terutama strategi pembelajaran inkuiri yang dapat membantu mereka dalam menggunakan alokasi waktu belajar disekolah sebagai solusi menuntaskan materi pembelajarannya tepat waktu dengan cara siswa kooperatif menyelesaikan pembelajarannya sendiri diluar jam pelajaran(ketika waktu senggang seperti waktu istirahat dan di rumah)
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Nur Kabibuloh,M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Alokasi Waktu, Strategi Pembelajaran Inkuiri, PAI |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 04:49 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 04:49 |
| URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/903 |
