IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE WAHDAH DALAM MENGEMBANGKAN TAHFIZH AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL QUR’AN KARIHKIL CISEENG-BOGOR

ALDIANSYAH, M.YUSUP (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE WAHDAH DALAM MENGEMBANGKAN TAHFIZH AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL QUR’AN KARIHKIL CISEENG-BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of M. YUSUP ALDIANSYAH HAQUL YAQIN - 19.13.00.27.pdf] Text
M. YUSUP ALDIANSYAH HAQUL YAQIN - 19.13.00.27.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Wahdah dalam Mengembangkan Tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Qur’an Karihkil Ciseeng-Bogor. Adapun populasi dalam penelitian ini ada 52 dan sampel dalam penelitian ini 52 pelajar. Pendekatan yang digunakan bersifat kualitatif. Para pengajar Tahfidz dan murid Madrasah Tsanawiyah Nurul Qur'an Karihkil Ciseeng-Bogor dijadikan sebagai subjek penelitian. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam proses pengumpulan data. Informasi tersebut kemudian diperiksa dan kesimpulan diambil setelah disajikan dalam format yang sesuai dan mudah dibaca dan dipahami. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran Al-Qur'an Karihkil Ciseeng-Bogor dilaksanakan sebagai berikut: 1) MTs Nurul Qur'an menggunakan Program Hafalan Al-Qur'an dan Sorogan Al-Qur'an untuk melaksanakan proses hafalan Al-Qur'an. 2) Ayat-ayat yang sering dihafal 10 kali, 20 kali atau lebih untuk mencapai kualitas hafalan yang tinggi dipelajari satu per satu dengan menggunakan teknik wahdah. Dengan menggunakan standar pembacaan, kelancaran, dan kefasihan saat menghafal, instruktur mengevaluasi pemahaman bacaan pelajar. pendidik. Proses menghapal Al-Qur’an tidak dapat dilepaskan dari unsur pendorong dan penghambatnya. a) Rak, meja, dan bacaan Al-Qur'an yang sesuai dengan kaidah tajwid, yaitu dalam hal muroja'ah yang teliti dan semangat menghapal yang istiqomah, merupakan faktor pendukung dalam mengamalkan metode wahdah. guna meningkatkan kualitas hafalan. b) Pelajar Madrasah Tsanawiyah Nurul Qur'an Karihkil Ciseeng-Bogor belajar di ruang kelas dengan ruang dan sarana prasarana yang memadai serta menggunakan Al-Qur'an secara mandiri menjadi penghambat hafalan karena tidak ada Al-Qur'an khusus untuk belum hafal, atau karena terlalu malas untuk menghapalnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: M. Abd Rahman, MA. Hum
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Wahdah, Tahfizh Al-Qur’an.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 27 Oct 2025 10:00
Last Modified: 27 Oct 2025 10:00
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor