Penerapan Metode Mumtazah al umm wal ab dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta

Rozinah, Siti and Hayaturrohman, Hayaturrohman and Setiawan, Dede and Sauri, Mukhtar (2019) Penerapan Metode Mumtazah al umm wal ab dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta. Mozaic Islam Nusantara, 5 (2). pp. 175-186. ISSN 2527-6549

[thumbnail of document.pdf] Text
document.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Mumtazah Al Umm Wal Ab dalam pembelajaran bahasa Arab dan kitab kuning di pesantren Asshiddiqiyah Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas ulya Madrasah Diniyah Takmiliyah Ma’hadul Aytam Asshiddiqiyah Jakarta. Penerapan metode Mumtazah Al Umm Wal Ab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ma’hadul Aytam Asshiddiqiyah menggunakan 7 langkah strategi, yaitu kalimat, jumlah, khabar, shilah, shifat, syarat dan jawab. Kendala pelaksanaan metode Mumtazah Al umm wal abb yaitu santri memiliki karakter dan potensi yang berbeda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Mumtazah, Pembeajaran Bahasa Arab, Kitab Kuning
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 401 Filsafat dan teori bahasa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:20
Last Modified: 10 Aug 2023 09:08
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item
View Item