PERANAN DAN MODEL PENDEKATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA PLUS AR-RAUDHAH CIREOK KECAMATAN CAMPAKA PURWAKARTA

SALSADILLA, MIA NURAZIZAH (2024) PERANAN DAN MODEL PENDEKATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA PLUS AR-RAUDHAH CIREOK KECAMATAN CAMPAKA PURWAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of MIA NURAZIZAH SALSADILLA - 17.13.02.14.pdf] Text
MIA NURAZIZAH SALSADILLA - 17.13.02.14.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan skripsi ini disusun untuk mengetahui peranan, model pendekatan serta faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas XI Plus Ar-Raudhah Cireok.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data skripsi ini. Sedangkan untuk analisis data skripsi ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Validasi data yang digunakan pada skripsi ini adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian peranan dan model pendekatan guru PAI terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas XI di SMA Plus Ar-Raudhah Cireok yaitu guru sebagai pendidik, pembimbing, motivator, pengelola kelas serta evaluator dengan menggunakan model pendekatan yang lebih spesifik, efektif digunakan untuk siswa kelas XI dan sudah berperan aktif terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas XI. Siswa bisa lebih mengenali emosi diri sendiri dan emosi orang lain, mengelola emosinya dengan baik, memotivasi diri sendiri serta membina hubungan dengan sesama teman, dengan guru serta orang lain di lingkungan sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional siswa kelas XI Ar-Raudhah Cireok yaitu faktor dari orang tua, guru, lingkungan dan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Yudril Basith, MA
Uncontrolled Keywords: Peranan, Model Pendekatan, Kecerdasan Emosional, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 27 Oct 2025 09:07
Last Modified: 27 Oct 2025 09:07
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor