PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PROGRAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MTSN 37 JAKARTA

SARI, MILAH (2024) PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PROGRAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MTSN 37 JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of MILAH SARI - 17130033.pdf] Text
MILAH SARI - 17130033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah ketersediaan sarana dan prasarana berupa perpustakaan sekolah, pada prakteknya terdapat juga kekurangan disana sini. Misalnya, pendataan buku sekolah masih sangat minim, belum seimbangnya antara jumlah buku yang terdapat di perpustakaan sekolah dengan jumlah siswa-siswi di sekolah tersebut dan kurangnya sosialisasi oleh pihak sekolah dan pustakawan sekolah dalam meluncurkan program perpustakaan digital yang dimiliki sekolah. Sehingga dari kekurangan tersebut berdampak kepada mutu pendidikan di sekolah tersebut dalam rangka penyusunan program kurikulum sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan upaya yang diberikan perpustakaan sekolah dalam mendukung program kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah MTSN 37 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan strategi deskriptif kualitatif dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi sebagai teknik pengumpulan datanya dalam metode ini.
Hasil penelitian ini adalah perpustakaan merupakan pusat informasi sekolah, banyak literature yang disediakan didalamnya, sehingga makin banyak buku yang dibaca semakin beragam pula wawasan yang dimiliki oleh siswa, secara tidak langsung wawasan dari siswa juga menjangkau pengetahuan agama islam diluar kurikulum yang diajarkan di kelas terutama di dalam kurikulum pendidikan agama islam dan upaya perpustakaan sekolah dalam koleksinya sudah cukup lengkap untuk menjawab persoalan-persoalan agama islam yang ada, namun ada pendapat yang mungkin bisa dipertimbangkan, yakni adanya tambahan pembahasan sederhana berupa hasil buah pikir dari siswa dikoleksi oleh perpustakaan, sehingga menjadi motivasi bagi generasi selanjutnya untuk ikut menyumbangkan hasil dari karya tulis mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Siti Rozinah, S.Sos., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Kurikulum
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 27 Oct 2025 09:00
Last Modified: 27 Oct 2025 09:00
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor