IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII B PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NURUL BAHRI PENJARINGAN JAKARTA UTARA

KHAMID, MOHAMAD FIKRI (2024) IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII B PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NURUL BAHRI PENJARINGAN JAKARTA UTARA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of MOHAMAD FIKRI KHAMID - 19130128.pdf] Text
MOHAMAD FIKRI KHAMID - 19130128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar siswa dengan implementasi metode Active Learning tipe Small Group Discussion (SGD) pada siswa kelas VIII B pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan di MTs Nurul Bahri. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan utama pertama, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Active Learning tipe SGD mempengaruhi keaktifan belajar siswa, kedua, untuk mengukur tingkat keaktifan siswa setelah penerapan metode tersebut, dan ketiga, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode Active Learning di kelas VIII B.
Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini telah dilaksanakan di MTs Nurul Bahri Penjaringan jakarta Utara. Waktu penelitian ini dimulai pada bulan Januari 2024 hingga Mei 2024.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Active Learning tipe SGD meningkatkan keaktifan belajar siswa secara signifikan. Namun, terdapat beberapa kendala, terutama terkait dengan durasi waktu pembelajaran yang diperlukan. Metode SGD membutuhkan waktu yang lebih banyak, sehingga pembelajaran kurang optimal jika dilakukan dalam waktu yang terbatas. Selain itu, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode ini. Faktor pendukung mencakup peran guru dan penggunaan media elektronik yang sangat mempengaruhi keaktifan siswa, di mana media elektronik meningkatkan semangat belajar siswa. Sebaliknya, faktor penghambat meliputi kondisi kelas yang cenderung ramai akibat pembelajaran aktif. Dengan demikian, maka dapat peneliti tarik kesimpulan bahwa meskipun terdapat beberapa kendala, metode Active Learning tipe Small Group Discussion (SGD) efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII B di MTs Nurul Bahri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Vika Nurul Mufidah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif; Model Small Group Discussion
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 27 Oct 2025 08:49
Last Modified: 27 Oct 2025 08:49
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor