ALFAJRI, MUHAMMAD (2024) Relevansi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Riyadlul Jannah Bogor. Diploma thesis, UNUSIA.
MUHAMMAD ALFAJRI - 17130106.pdf
Download (4MB)
Abstract
Dalam proses belajar mengajar pada materi ajar pendidikan agama Islam, guru masih memilah metode pembelajaran yang tepat. Pembelajaran saat lebih dominan kepada guru seperti metode ceramah dan demonstrasi. Sehingga membuat proses belajar membosankan dan masih belum mampu untuk menimbulkan minat belajar yang diinginkan. Adapun penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui relevankah pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam? Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Demi mendukung ketepatan dalam penelitian ini, dibutuhkan data dari sumber-sumber yang dituju berupa data tertulis maupun lisan lalu dideskripsikan melalui rangkaian observasi, wawancara ataupun dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat hasil kesimpulan bahwa Pembelajaran Problem Based Learning adalah salah satu strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan minat belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam pada kelas VIII di SMP Riyadlul Jannah.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Fatkhu Yasik, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Problem Based Learning dan Minat Belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:40 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 08:40 |
| URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/894 |
