Febriansyah, Muhammad Erick (2023) PERAN GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS CHAIRIYAH MANSURIYAH TAMBORA, JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.
Muhammad Erick Febriansyah - 17130030.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar peserta didik di kelas VII Mts Chairiyah Mansuriyah terutama dalam pembelajaran PAI. Dalam pernyataan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini guru PAI di Mts Chairiyah Mansuriyah dapat mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII dengan metode-metode khusus.
Diantara faktor yang mendukung guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII Mts Chairiyah Mansuriyah yaitu menggunakan metode campuran, adapun metode campuran ini digunakan supaya siswa cenderung tidak bosan dan lebih memahami pembelajaran. kemudian guru PAI memberikan pembelajaran tambahan kepada siswa atau siswi yang kurang memahami pembelajaran didalam kelas, kemudian menjelaskan kembali dengan pemahaman yang mudah dimengerti oleh siswa tersebut. Selanjutnya faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan siswa adalah pengaruh teman atau lingkungan siswa yang cenderung mengajak siswa kepada sifat yang malas sehingga siswa enggan dan sungkan dalam bertanya tentang pembelajaran yang tidak ia pahami. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru PAI di Mts Chairiyah Mansuriyah dapat mengatasi kesulitan belajar dengan metode pembelajaran campuran, memberikan pembelajaran tambahan, dan mengontrol siswa dalam penggunanaan gadget ataupun pergaulan supaya menghasilkan lingkungan belajar yang baik.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Dr. Fariz Alnizar, M. Hum |
| Uncontrolled Keywords: | peran, guru PAI, kesulitan belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:29 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 08:29 |
| URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/893 |
