SYAHRI, NUR SHAILA (2024) STRATEGI GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DALAM PEMBELAJARAN PADA ERA NEW NORMAL DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) B&C KARYA GUNA JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.
Nur Shaila Syahri - 18.13.02.44.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan adalah hak semua manusia untuk mendapatkannya, begitu pun anak-anak yang berkebutuhan khusus. Anak-anak yang berkebutuhan khusus tersebut diberi wadah oleh pemerintah untuk mendapat hak pendidikan, wadah tersebut bernama Sekolah Luar Biasa (SLB). Selain pendidikan anak-anak yang berkebutuhan khusus juga memiliki hak mendapatkan ilmu-ilmu Agama seperti budi pekerti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Sekolah Luar Biasa dalam pembelajaran dan penanaman budi pekerti di era new normal di SLB B&C Karya Guna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kepala sekolah, sebelas peserta didik dari kelas VII, VIII dan IX. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumen.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yakni: (1) wali kelas dan guru Pendidikan Agama Islam menerapkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dengan cukup baik, (2) wali kelas dan guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti mengimplementasikan komponen strategi pembelajaran dengan baik, 3) tantangan yang dihadapi ketika era new normal adalah pengulangan materi karena IQ peserta didik yang rendah.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Dr. Fariz Al Nizar, M.Hum |
| Uncontrolled Keywords: | strategi guru SLB, tuna grahita ringan, budi pekerti |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:38 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:38 |
| URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/888 |
