PENERAPAN METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN KELAS VII MTS DARUL MUTTAQIEN

UMMAH, RAUDHATUL (2024) PENERAPAN METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN KELAS VII MTS DARUL MUTTAQIEN. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of RAUDHATUL UMMAH - PAI 2013069.pdf] Text
RAUDHATUL UMMAH - PAI 2013069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode Qiro’ati dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an kelas VII Mts Darul Muttaqien. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu melihat probematika yang terjadi di kelas VII Mts Darul Muttaqien masih rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sesuai kaidah bacaannya, jam pelajaran masih terbatas, kurangnya guru yang bersyahadah Qiro’ati, dan juga kurangnya metode yang tepat, efektif dan efisien yang menyebabkan menurunnya target pencapain tingkatan dalam membaca Al-Qur’an siswa di kelas VII MTs Darul Muttaqien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode qiro’ati dalam meningkatkan bacaan Al-Quran kelas VII Mts Darul Muttaqien, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan metode qiro’ati dalam meningkatkan bacaan Al-Quran kelas VII Mts Darul Muttaqien. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya menggunkan teknik data observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Penelitian ini di lakukan di kelas VII MTs Darul Muttaqien. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka Qiro’ati, Guru Qiro’ati dan siswa kelas VII MTs Darul Muttaqien.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode qiro’ati dalam meningkatkan bacaan Al-Quran kelas VII Mts Darul Muttaqien sudah berjalan dengan baik sesuai langkah-langkah yang ada dalam buku panduan Qiro’ati baik dalam segi pengajaran, materi, target pencapaian, dan tahap pembelajaran. Tahapan metode Qiro’ati yaitu jilid 1, 2, 3, ghorib, tajwid, imtaz dan syahadah.
Langkah-langkah yang digunakan dalam penerapan pembelajaran metode Qiro’ati yaitu tediri dari tiga langkah diantaranya: Pembelajaran awal, pembelajaran inti dan pembelajaran akhir. Strategi yang digunakan dalam penerapanya yaitu menggunakan klasikal, klasikal simak dan juga individual.
Adapun faktor penghambat dalam penerapan metode Qiro’ati ini yaitu kurangnya guru yang bersyahadah, kurangnya waktu dalam pembelajaran, kurangnya jilid qiro’ati pegangan santri dan guru. Sedangkan faktor pendukung dalam penerapan Qiro’ati yaitu sarana prasarana pembelajaran Qiro’ati sangat memadai dan mendukung, dukungan pihak sekolah, orang tua dan motivasi ke pada siswa sangat baik, semangat siswa yang luar biasa dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan mengunakan metode Qiro’ati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: M. Abd. Rahman, MA. Hum
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTs Darul Muttaqien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 27 Oct 2025 04:14
Last Modified: 27 Oct 2025 04:14
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor