ZAKIYAH, SITI (2024) PERAN GURU PAI PADA PROSES PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMANG KELAS VIII. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of SITI ZAKIYAH-19.13.00.45.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SITI ZAKIYAH-19.13.00.45.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dalam hasil penulisan skripsi ini penulis memilih judul “Peran Guru PAI Pada Proses Pembentukan Akhlak Siswa di SMPN 2 Kemang Kelas VIII” karena masih banyaknya peserta didik yang memiliki akhlak yang kurang baik. Penulis meneliti Guru PAI terutama terkait perannya sebagai pendidik, dan seberapa jauh seorang Guru PAI turut aktif dalam pembentukan akhlak peserta didiknya. Jenis penelitian ini merupakan studi lapangan kualitatif (field research), yang melibatkan peneliti untuk melakukan penelitian langsung ke lapangan guna mengamati sebuah keadaan alamiah. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan tujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan keadaan sebenarnya. Penelitian deskriptif ini umumnya dilakukan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara akurat. Metode pengumpulan data dalam penelitian mencakup observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menerapkan pendekatan analisis data secara induktif, di mana penelitian dimulai dengan merinci fakta yang spesifik, lalu dianalisis untuk menemukan solusi atau pemahaman yang lebih bersifat umum. Dalam rangka mencapai tujuan yang optimal, seorang pendidik memiliki berbagai metode untuk meraih hasil terbaik bagi peserta didiknya. Dalam konteks pembentukan akhlak siswa, guru PAI mengimplementasikan berbagai upaya dan tindakan yang khususnya dirancang untuk menanamkan nilai-nilai positif kepada peserta didiknya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk akhlak siswa di SMPN 2 Kemang dapat dikatakan telah terlaksana dengan baik. Seperti melakukan berbagai Peran Guru Pendidikan Agama Islam, yaitu Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik, Konselor dan Evaluator. Dari hasil penelitian juga terdapat beberapa faktor yang menghambat proses pembentukan akhlak siswa, seperti siswa kurang bersosialisasi dengan baik, serta rasa egois yang tinggi. Sedangkan faktor hambatan dari luar yaitu seperti ketidakharmonisan dalam keluarga, sehingga siswa mendapatkan kurangnya perhatian dari pihak orangtua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Saiful Bahri, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pembentukan Akhlak. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:01 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/879 |