PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA MTS AL-GAOTSIYAH JAKARTA BARAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

DAHYANTI, SRI (2023) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA MTS AL-GAOTSIYAH JAKARTA BARAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of SRI DAHYANTI-19.13.00.31.pdf] Text
SRI DAHYANTI-19.13.00.31.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui desain penguatan pendidikan karakter kemandirian melalui kegiatan Pramuka di MTs Al-Gaotsiyah Jakarta Barat. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan penguatan pendidikan karakter kemandirian melalui kegiatan Pramuka di MTs Al-Gaotsiyah Jakarta Barat. (3) Untuk mengetahui karakter kemandirian yang dimiliki oleh peserta didik di MTs Al-Gaotsiyah Jakarta Barat. (4) Efektivitas pelaksanaan penguatan pendidikan karakter kemandirian melalui kegiatan Pramuka di MTs Al-Gaotsiyah Jakarta Barat. Untuk menggali hasil dari tujuan penelitian di atas menggunakan pendekatan kualitatif melalui beberapa teknik pengumpulan data, diantaranya: observasi, wawancara dan studi dokumen. Keabsahan/validitas data ini menggunakan triagulasi, baik sumber maupun teknik. Analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Pembina Pramuka, Pelatih Lapangan dan Anggota Pramuka MTs Al-Gaotsiyah Jakarta Barat. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti menemukan fakta bahwa penguatan pendidikan karakter kemandirian siswa melalui ekstrakurikuler Pramuka dilakukan dengan empat upaya yaitu: (1) Desain penguatan pendidikan karakter kemandirian terintegrasi dalam kegiatan Pramuka untuk memperkuat pengetahuan, kesadaran dan mempraktekan karakter kemandirian. (2) Pelaksanaan kegiatan kepramukaan memiliki agenda latihan rutin dan pembinaan yang mampu membina peserta didik dengan pengetahuan dan pengalamannya. (3) Kemandirian yang telah tertanam dalam diri siswa seperti bertanggung jawab bila diberikan tugas, memiliki kreativitas dan inisiatif untuk belajar, percaya diri, menghargai pendapat orang lain dan mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. (4) Efektivitas diukur dari sejauh mana pembina Pramuka mampu mengintegrasikan dan menyesuaikan pelaksanaan PPK kemandirian dengan kegiatan kepramukaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Fatkhu Yasik, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penguatan pendidikan karakter, ekstrakurikuler Pramuka, kemandirian siswa.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:24
Last Modified: 13 Oct 2025 07:24
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item
View Item

Situs Gacor

Link Gacor

Link Alternatif Bisawd

SLOT GACOR HARI INI

agen resmi Slot777

slot bet 200