RAHMAYANTI, SRI (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS BAHRUL ULUM BONTOREA KABUPATEN GOWA. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of SRI RAHMAYANTI - 18.13.02.18.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SRI RAHMAYANTI - 18.13.02.18.pdf
Download (922kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Bahrul Ulum Bontorea Kabupaten Gowa, untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran daring di MTs Bahrul Ulum Bontorea Kabupaten Gowa, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran daring di MTs Bahrul Ulum Bontorea Kabupaten Gowa, dan untuk mengetahui apakah terdapat implikasi penerapan pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Bahrul Ulum Bontorea Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa (deskripsi). Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyadian data, dan penarikan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triagulasi dan penggunaan bahan referensi. Ditemukan secara empiris, penerapan pembelajaran daring di MTs Bahrul Ulum Bontorea Kabupaten Gowa, dalam implementasi pembelajaran daring guru dan siswa menggunakan media WhatsApp Grub. Kegiatan pembelajaran daring memberikan dampak, terhadap guru dan siswa. Kendala yang dialami guru dan siswa mebuat motivasi belajar di MTs Bahrul Ulum Bontorea Gowa menurun. Situasi belajar yang berbeda, rendahnya keaktifan siswa ketika belajar, siswa merasa cepat bosan serta kurang fokus dalam belajar, siswa tidak mandiri dalam mengerjakan tugas, lebih sering bermain gawai, semangat belajar yang semakin menurun dan kondisi jaringan yang kurang stabil, Ini semua menjadi hambatan bagi guru juga kendala bagi siswa. Motivasi belajar siswa merupakan kunci keberhasilan dalam belajar, mempergunakan waktu dengan baik, serta menggunakan media online dengan bijak untuk menunjang pembelajaran dan mempertahankan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Arif Rahman, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, pembelajaran daring, motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:16 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/876 |