AZKIYA, TIARA (2023) URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA USIA REMAJA GUNA MEMILIKI AKHLAKUL KARIMAH (STUDI KASUS SMP ASRAMA AL-FATH KELAS VIII KOTA BEKASI). Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of Tiara Azkiya-19.13.01.73.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tiara Azkiya-19.13.01.73.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui indeks akhlak peserta didik di SMP Asrama Al-Fath Kota Bekasi 2. Untuk mengetahui peran PAI pada usia remaja guna memiliki akhlakul karimah pada peserta didik di SMP Asrama Al-Fath.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Yaitu dengan mengekplorasi atau memotret situas sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam, dengan berdasarkan data-data yang ditemukan. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data dilakukan dengan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan serta teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya Pendidikan Agama Islam guna memiliki akhlakul karimah di SMP Asrama Al-Fath ini masih terdapat peserta didik yang lalai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, berbicara kurang sopan sesama teman sebaya mereka. Hal tersebut terbukti mereka tidak sholat berjama’ah, mereka tidak melaksanakan piket di sekolah ataupun di asrama, tidak mengerjakan tugas sekolah, gaduh ketika guru sedang tidak ada, hal ini disebabkan karena faktor perkembangan zaman yang semakin pesat serta kebiasaan lama yang bersifat kurang baik masih terbawa sampai ke sekolah dan asrama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Hayaturrahman, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Urgensi, Pendidikan Agama Islam, Akhlak |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 06:51 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 06:51 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/875 |