Janah, Wardatul (2024) ADAPTASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI ERA DI GITAL (STUDI DI SMK AL-HUSNA TANGERANG). Diploma thesis, UNUSIA.
Wardatul Jannah - 2013026.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui adaptasi guru dalam pembelajaran pendididakan agama Islam di SMK Al-Husna. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang menekankan pada eksplorasi situasi yang diteliti secara menyeluruh. Peneliti mengumpulkan data melalui tiga teknik utama, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan ini memberikan gambaran yang mendalam mengenai praktik pembelajaran yang diterapkan oleh para guru Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Husna. Melalui wawancara dengan guru dan peserta didik, peneliti dapat menangkap pengalaman langsung dan pandangan mereka mengenai proses pembelajaran yang berlangsung. Observasi di kelas juga memungkinkan peneliti untuk melihat interaksi dan dinamika yang terjadi selama kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi guru sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan mendukung bagi peserta didik. Sumber belajar yang relevan dan menarik diperlukan agar siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Dalam konteks ini, para guru berupaya untuk menyajikan materi dengan cara yang menarik, menggunakan berbagai media dan sumber informasi yang bervariasi. Dengan cara ini, siswa didorong untuk aktif berpartisipasi dan berkolaborasi dalam pembelajaran. Penilaian yang beragam juga diterapkan untuk mengevaluasi pemahaman peserta didik dengan cara yang berbeda. Guru tidak hanya mengandalkan ujian akhir, tetapi juga menerapkan tugas, kuis, dan presentasi sebagai bagian dari proses penilaian. Dengan pendekatan ini, guru dapat mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai pemahaman dan keterampilan siswa, karena mereka dapat menunjukkan kemampuan dan pemahaman mereka melalui berbagai format yang sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar masing-masing. Adaptasi dalam pembelajaran di era digital ini mencakup penggunaan teknologi informasi yang mendukung proses belajar mengajar. Guru-guru di SMK Al-Husna memanfaatkan media digital untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memudahkan akses informasi. Melalui platform pembelajaran online, video pembelajaran, dan aplikasi edukasi, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih fleksibel dan menyenangkan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Dede Setiawan, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Adaptasi, Pendidikan Agama Islam, Transformasi Pembelajaran, Era Digital, Interaksi Kelas |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 09:06 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 09:06 |
| URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/873 |
