WULANDARI, WARDATUN NUFUS (2024) IMPLEMENTASI KONSEP KHIDMAH DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH BASMOL. Diploma thesis, UNUSIA.
WARDATUNNUFUS WULANDARI - 19.13.00.26.pdf
Download (16MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana implementasi konsep Khidmah dalam pendidikan pesantren dapat berperan dalam pembentukan kepribadian santri. Yang mana di era globalisasi sekarang ini karakter menjadi tugas besar bagi setiap pendidik ditengah maraknya pergaulan bebas, kenakalan remaja, dan pertengkaran antar pelajar.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif hal ini digunakan untuk mendalamkan pemahaman tentang konsep Khidmah dan menangkap nuansa, konteks, dan kompleksitas yang tidak mungkin bisa diukur secara kuantitatif. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalaman persepsi santri terkait konsep Khidmah serta bagaimana konsep Khidmah tersebut mempengaruhi pembentukan kepribadian santri.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi konsep khidmah di pondok pesantren Al-Hidayah Basmol telah dilaksanakan dengan baik dan dengan menempatkan para santri diberbagai divisi atau seksi kegiatan santri, yang bertujuan sebagai sarana pembentukan kepribadian santri, sarana melatih kemandirian santri, sarana melatih mental kepemimpinan dan penanaman nilai spiritual keagamaan santri, serta sebagai sarana untuk mencari keberkahan dan keridhoan sang guru bagi para santri.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Hayaturrohman, M.Si, |
| Uncontrolled Keywords: | Konsep Khidmah, Pembentukan Kepribadian |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 09:01 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 09:07 |
| URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/872 |
