PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM UANG SECARA ONLINE PADA APLIKASI AKULAKU

Zulia, Anita (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM UANG SECARA ONLINE PADA APLIKASI AKULAKU. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Anita Zulia-huk19200195.pdf] Text
Anita Zulia-huk19200195.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran Financial Teknologi (Fintech) telah memberikan kemudahan untuk masyarakat seperti belanja Online, go food, ojek online maupun Pinjaman online. Salah satu Aplikasi yang merupakan bagian dari Fintech yang sekarang ini sangat popular yaitu Akulaku. Pada Aplikasi Akulaku terdapat fitur Peminjaman uang secara online fitur tersebut adalah Akulaku Pinjam. Aplikasi Akulaku sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), masyarakat mulai berpindah pada pinjaman tanpa adanya jaminan serta pencairannya yang mudah dikarenakan masyarakat seringkali mengabaikan dari segi Perlindungan Kosumen yang menimbulkan adanya masalah berupa suku bunga yang terlalu tinggi ataupun terjadi kebocoran data pribadi. Berdasarkan hal ini penulis tertarik mengkaji penelitian guna memahami perlindungan hukumnya terkait pada UU No. 8 Tahun
1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Metode penelitian hukum ini menerapkan pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif. Dimana penulis menggunakan sumber data sekunder dari kepustakaan dan primer yang bersumber dari wawancara yang kemudian dianalisis secara kualitatif.
Pelaksanaan perjanjian pinjaman uang melalui online dalam aplikasi akulaku yang telah sesuai KUHPerdata pada pasal 1320 tentang syarat suatu perjanjian namun, dalam perjanjian pinjaman uang melalui online belum sesuai dengan Pasal 1338 ayat (3) tentang dilakukannya perjanjian dengan iktikad baik, karena masih ada peminjam yang sengaja tidak membayar cicilan pinjaman. Perlindungan hukum untuk pihak disebuah perjanjian pinjam meminjam secara online dalam aplikasi akulaku dilaksanakan dengan preventif dan represif, dimana hukum prevesif didasari dari terselenggaranya sebelum terjadi sengketa. Sedangkan perlindungan hukum secara represif dilakukan setelah terjadinya sengketa. Pada UU No.8 Tahun 1999 mengenai perlindungan konsumen dalam aplikasi Akulaku belum sejalan pada ketetapan tersebut dan masih terdapat kerugian konsumen akibat kelalaian dan kesalahan pihak Akulaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Hasan Muaziz, S.H,.M.H
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pinjam Meminjam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 340 Ilmu hukum
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:49
Last Modified: 06 Oct 2025 04:49
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item
View Item

Situs Gacor

Link Gacor

Link Alternatif Bisawd

SLOT GACOR HARI INI

agen resmi Slot777

slot bet 200