Handayani, Wiwik (2024) KOMPARASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BEKERJA DALAM KELOMPOK PADA KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 DI MIN 2 BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of Wiwik Handayani - 2017002.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Wiwik Handayani - 2017002.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap keterampilan bekerja dalam kelompok kelas 3 Tema 6 Subtema 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain posttest only control group design. Kemudian populasinya yaitu seluruh siswa MIN 2 Bogor. Pengambilan sampel dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 56 yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Mengetahui pengukuran komparasi terhadap 2 model pembelajaran yaitu model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) mendapatkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh nilai t-tabel dengan df (derajat kebebasan) 28 sebesar 2,048. Dalam perhitungan ini nilai t-hitung yang diperoleh dari posttest eksperimen sebesar 2,506, maka t-hitung > t-tabel. Dengan demikian hasil menunjukan bahwa terdapat komparasi yang lebih signifikan dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap keterampilan bekerja dalam kelompok pada Tema 6 Subtema 1 di kelas 3.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Nana Kristiawan, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | PjBL, PBL, dan keterampilan bekerja sama dalam kelompok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:21 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/831 |