KOMPARASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BEKERJA DALAM KELOMPOK PADA KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 DI MIN 2 BOGOR

Handayani, Wiwik (2024) KOMPARASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BEKERJA DALAM KELOMPOK PADA KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 DI MIN 2 BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Wiwik Handayani - 2017002.pdf] Text
Wiwik Handayani - 2017002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap keterampilan bekerja dalam kelompok kelas 3 Tema 6 Subtema 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain posttest only control group design. Kemudian populasinya yaitu seluruh siswa MIN 2 Bogor. Pengambilan sampel dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 56 yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Mengetahui pengukuran komparasi terhadap 2 model pembelajaran yaitu model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) mendapatkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh nilai t-tabel dengan df (derajat kebebasan) 28 sebesar 2,048. Dalam perhitungan ini nilai t-hitung yang diperoleh dari posttest eksperimen sebesar 2,506, maka t-hitung > t-tabel. Dengan demikian hasil menunjukan bahwa terdapat komparasi yang lebih signifikan dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap keterampilan bekerja dalam kelompok pada Tema 6 Subtema 1 di kelas 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Nana Kristiawan, M.Si
Uncontrolled Keywords: PjBL, PBL, dan keterampilan bekerja sama dalam kelompok
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:21
Last Modified: 02 Jul 2025 02:21
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item
View Item