Khorudin, Khorudin (2015) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Survey di kelas VIII siswa SMP Swasta di Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan). Masters thesis, UNIVERSITAS INDRAPRASTA.
![[thumbnail of Cover.jpeg]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
Cover.jpeg
Download (35kB)
![[thumbnail of 03.Lembar Pengesahan.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03.Lembar Pengesahan.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 04.KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04.KATA PENGANTAR.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of 05.Daftar Isi.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05.Daftar Isi.pdf
Download (272kB)
![[thumbnail of bab 1 Khoirudin.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1 Khoirudin.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of bab 2 Khoirudin.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 2 Khoirudin.pdf
Download (392kB)
![[thumbnail of bab 3 Khoirudin.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 3 Khoirudin.pdf
Download (571kB)
![[thumbnail of bab 4 Khoirudin.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 4 Khoirudin.pdf
Download (590kB)
![[thumbnail of bab 5 Khoirudin.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5 Khoirudin.pdf
Download (351kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka .pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka .pdf
Download (26kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh : Pengaruh konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS, pengaruh Konsep diri terhadap prestasi belajar IPS , dan pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPS.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan teknis analisis korelasional. Sampel penelitian berjumlah 60 orang siswa. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah statistika deksriptif untuk mencari rata-rata, median, modus, standar deviasi dan histogram, dan teknik statistika inferensial yaitu untuk mengetahui besaran skor hubungan dan sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat kemudian dilanjutkan dengan uji t dan uji F untuk mengetahui signifikansi hubungan antarvariabel tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fo = 13,673 dan Sig. 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,224 dan Sig. 0,030 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 3,070 dan Sig. 0,003 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar IPS. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:03 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:03 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/828 |