PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Survey di kelas VIII siswa SMP Swasta di Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan)

Khorudin, Khorudin (2015) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Survey di kelas VIII siswa SMP Swasta di Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan). Masters thesis, UNIVERSITAS INDRAPRASTA.

[thumbnail of Cover.jpeg] Image
Cover.jpeg

Download (35kB)
[thumbnail of 03.Lembar Pengesahan.pdf] Text
03.Lembar Pengesahan.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 04.KATA PENGANTAR.pdf] Text
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 05.Daftar Isi.pdf] Text
05.Daftar Isi.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of bab 1 Khoirudin.pdf] Text
bab 1 Khoirudin.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of bab 2 Khoirudin.pdf] Text
bab 2 Khoirudin.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of bab 3 Khoirudin.pdf] Text
bab 3 Khoirudin.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of bab 4 Khoirudin.pdf] Text
bab 4 Khoirudin.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of bab 5 Khoirudin.pdf] Text
bab 5 Khoirudin.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka .pdf] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (26kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh : Pengaruh konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS, pengaruh Konsep diri terhadap prestasi belajar IPS , dan pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPS.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan teknis analisis korelasional. Sampel penelitian berjumlah 60 orang siswa. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah statistika deksriptif untuk mencari rata-rata, median, modus, standar deviasi dan histogram, dan teknik statistika inferensial yaitu untuk mengetahui besaran skor hubungan dan sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat kemudian dilanjutkan dengan uji t dan uji F untuk mengetahui signifikansi hubungan antarvariabel tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fo = 13,673 dan Sig. 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,224 dan Sig. 0,030 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 3,070 dan Sig. 0,003 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar IPS.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:03
Last Modified: 25 Jun 2025 08:03
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item
View Item