PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SKALA DENGAN ALAT PERAGA DIORAMA

ANZANI, SRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SKALA DENGAN ALAT PERAGA DIORAMA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of SRI ANZANI - 2017001.pdf] Text
SRI ANZANI - 2017001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap prestasi belajar matematika pada materi skala dengan alat peraga diorama. Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Iman, Jampang Parung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan desain pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 32 peserta didik di MI Nurul Iman, kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sehingga, setiap kelompok terdiri dari 16 peserta didik sebagai sampel penelitian. Evaluasi prestasi belajar peserta didik diukur menggunakan sebuah instrumen penelitian dalam bentuk tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal. Berdasarkan hasil perhitungan Uji-t, diperoleh nilai t-tabel dengan derajat kebebasan (df) 15 sebesar 2.131. Dalam konteks ini, nilai t-hitung yang diperoleh pada pre-test dan post-test eksperimen sebesar 5.723, yang jauh lebih besar dari nilai t-tabel yang ditetapkan (2.131), maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada materi skala dengan menggunakan alat peraga diorama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Anggun Pastika Sandi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Matematika, Prestasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:51
Last Modified: 19 Jun 2025 04:51
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item
View Item