PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AS-SALAFIYAH PEGADUNGAN JAKARTA BARAT

SIREGAR, PUTRI INTAN SHOLEHA (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AS-SALAFIYAH PEGADUNGAN JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Putri intan sholeha siregar - 18170008.pdf] Text
Putri intan sholeha siregar - 18170008.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kecerdasan emosional dan keterampilan sosial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MI AS-Salafiyah Pegadungan Jakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional dan keterampilan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS kelas V MI AS-Salafiyah Pegadungan Jakarta pada tahun ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa dari 41 populasi. Metode dalam pengambilan data untuk variabel kecerdasan emosional dan keterampilan sosial menggunakan angket/kuesioner, sedangkan untuk variabel prestasi belajar menggunakan soal dalam pembelajaran mata pelajaran IPS kelas V.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai koefisien korelasi pada nilai R antara variabel kecerdasan emosional (X1 dan X2 ) dengan variabel prestasi belajar (Y) dan menunjukkan hubungan yang positif dengan tingkatan yang sangat tinggi, selanjutnya pada nilai koefisien determinasi (R2) memiliki nilai dengan variabel tetap dan terdapat pengaruhi oleh variabel bebas. Dan juga Dapat disimpulkan H1 di tolak dan H0 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang tidak signifikan pada variabel kecerdasan emosional (X1) terhadap variabel nilai statistik (Y). Dapat disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang tidak signifikan pada variabel Keterampilan Sosial(X2) terhadap variabel nilai statistik (Y). Dengan demikian hipotesis yang ditemukan adanya pengaruh positif antara kecerdasan emosional, keterampilan sosial terhadap prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Anggun Pastika Snadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Keterampilan Sosial, Prestasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:46
Last Modified: 19 Jun 2025 04:46
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item
View Item