Husniah, Niskah (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAS & KREATIVITAS SISWA DI SDN JATIWARINGIN II. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of Niskah Husniah - 2017004.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Niskah Husniah - 2017004.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan peta konsep terhadap pemahaman konsep ipas serta kreativitas siswa di SDN Jatiwaringin II. Penelitian ini dilakukan di SDN Jatiwaringin II, Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis true experimental dan desain posstest only control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pusposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa di kelas V SDN Jatiwaringin II, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga setiap kelompok terdiri dari 30 siswa sebagai sampel penelitian. Evaluasi pemahaman konsep siswa diukur menggunakan sebuah instrumen penelitian dalam bentuk tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal, dan evaluasi kreativitas siswa menggunakan lembar observasi. Adapun teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan multivariate analysis (MANOVA). Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa 1) Terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan peta konsep terhadap pemahaman konsep dan kreativitas siswa (F=15,834; p<0,05), 2) Terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan peta konsep terhadap pemahaman konsep siswa (F=22,228; p< 0,05), 3) Terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan peta konsep terhadap kreativitas siswa (F= 11,570; p<0,05).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Amaira Utami M.Pd |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:40 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:40 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/825 |