MUNADI, HASAN (2024) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I MI NURUL ISLAMIYAH TEGAL KEMANG KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of Hasan Munadi - MI18170036.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hasan Munadi - MI18170036.pdf
Download (3MB)
Abstract
Keterampilan dalam mengelola kelas merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang guru supaya bisa dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan bisa mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini membahas tentang Keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Tematik di kelas I MI Nurul Islamiyah Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi, menerangkan dan menganalisis keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Tematik di Kelas I MI Nurul Islamiyah Tegal. Untuk mengetahui kendala guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Tematik Kelas I MI Nurul Islamiyah Tegal. Adapun penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara , observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru Kelas I, siswa Kelas 1. Data dianalisis dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Tematik di Kelas I MI Nurul Islamiyah Tegal sudah tampak terampil, yang mana hal tersebut bisa dilihat dari segi mengelola kelas yang meliputi pengelolaan kondusifitas kelas, pengaturan tempat duduk dengan format baris, penempatan media pendidikan yang mudah dilihat, segi pemberian perhatian, guru selalu memberikan perhatian lebih kepada siswanya, selanjutnya dari segi sikap tanggap yang mana dari segi ini guru selalu tanggap terhadap aktivitas siswa. Dan dari segi kendala guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Tematik kelas I MI Nurul Islamiyah yaitu dari faktor peserta didik sendiri yang susah dalam mengendalikan suasana hatinya, kemudian dari faktor ketersediaan sarana prasarana sekolah yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Asna Lutfa, M.PFis |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Guru, Mengelola Kelas, Mata Pelajaran Tematik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:10 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:10 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/822 |