RACHMAWATI, ADEE TIA (2024) OPTIMALISASI PENAMBAHAN JAM BELAJAR DAN PENGELOMPOKAN KELAS UNTUK MENGATASI LEARNING LOSS DI MI MANBAUL CHAIRAT KRENDANG JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of ADEE TIA RACHMAWATI-18170019.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ADEE TIA RACHMAWATI-18170019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Learning loss menjadi hal yang penting untuk ditangani karena fenomena learning loss ini merupakan suatu situasi yang dimana siswa mengalami kehilangan pengetahuan baik keterampilan umum maupun keterampilan khusus, maka dari itu perlu adanya upaya penanganan yaitu dengan melakukan optimalisasi pengelompokan kelas dan penambahan jam belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui lebih dalam terkait sebab dan akibat learning loss yang dihadapi oleh siswa dan juga mengetahui bagaimana cara optimalisasi pengelompokan kelas dan penambahan jam belajar untuk mengatasi learning loss dan pengaruh setelah diterapkannya optimalisasi pengelompokan kelas dan penambahan jam belajar. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara telah dilakukan kepada kepala sekolah, guru, dan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Widya Rahmawati Al-Nur M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Learning loss, Pengelompokan kelas, Penambahan jam belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 09:07 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 09:07 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/820 |