FUADAH, SARAH SALMATUL (2025) IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI PADA ASPEK KEMANDIRIAN MELALUI KEGIATAN PRACTICAL LIFE DI PAUD TAMAN ILMU DESA PONDOK UDIK KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of SARAH SALMATUL FUADAH - 21210009.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SARAH SALMATUL FUADAH - 21210009.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Montessori yang digunakan di PAUD Taman Ilmu berhubungan dengan aspek kemandirian pada anak usia dini. PAUD Taman Ilmu merupakan lembaga pendidikan yang menggunakan metode Montessori dalam pembelajarannya. Penekanan pada kemandirian anak dalam implementasi metode Montessori tercermin dalam setiap kegiatan practical life di PAUD Taman Ilmu.
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan sampel penelitian dengan teknik purposive sampling, diantaranya Kepala sekolah dan guru kelas. Sumber data sekundernya yaitu referensi dari jurnal, buku yang terkait dengan metode Montessori dan kemandirian anak. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Montessori sejalan dengan prinsip Montessori dengan beberapa kegiatan yaitu : pembelajaran individual dan terbimbing, kelas usia campuran ( mixed age classroom), dan penanaman aspek kemandirian melalui kegiatan practical life yang cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Khoirudin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode Montessori, Kemandirian, Practical Life, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:45 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:45 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/818 |