Azizah, Khoirun Nisa (2024) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA BABUSSALAM CIPINANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of Khoirun Nisa Azizah - 2021017.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Khoirun Nisa Azizah - 2021017.pdf
Download (9MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun Ra Babussalam Cipinang; peran guru dalam menumbuhkan sosial emosional anak usia 4-5 tahun Ra Babussalam Cipinang; dan faktor pendukung dan penghambat.
Penelitian untuk skripsi ini bersifat kualitatif deskriptif. Siswa dan guru adalah subjek penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis deskriptif, analisis ini melibatkan tiga tahap utama yang saling berhubungan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan - digunakan untuk memeriksa data yang dihasilkan oleh penelitian ini.
Penelitian ini, anak-anak di Ra Babussalam Cipinang yang berusia 4-5 tahun memiliki perkembangan sosial emosional yang cukup baik. Guru juga telah menjalankan tugasnya sebagai pembimbing, Motivator, evaluator, komunikator, pengelola, demonstrator, sumber belajar, manajer, dan pengasuh. Egosentrisme menjadi faktor penghambat, sedangkan faktor yang mendukung perkembangan sosial emosional anak adalah keluarga, lingkungan, dan penalaran. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa di RA Babussalam Cipinang, peran guru sangat penting bagi perkembangan sosial dan emosional anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Silvia Ningsih, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | perkembangan sosial dan emosional, peran guru, dan sosial emosional anak. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:23 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:23 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/816 |