PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TK ISLAM GEMILANG KELOMPOK A KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN

Wijayaningsih, Vera (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TK ISLAM GEMILANG KELOMPOK A KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Vera Wijayaningsih-PGP18040046.pdf] Text
Vera Wijayaningsih-PGP18040046.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Gemilang Kebayoran Lama Jakarta Selatan pada tanggal 2 September 2021 sampai 31 Mei 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomonologi yang mana hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah peneliti lakukan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan pendidikan karakter dan untuk mengetahui tingkat kemandirian anak selama pembelajaran jarak jauh di TK Islam Gemilang Kelompok A, Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan guru dan orang tua siswa. Guru dan orang tua membantu dalam pelaksanaan observasi dan wawancara selama penelitian berlangsung sehingga kegiatan penelitian dapat berjalan dengan baik. Jumlah siswa yang diobservasi pada penelitian ini sebanyak 7 siswa yang berada di kelompok A. Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan kemandirian anak selama pembelajaran jarak jauh di TK Islam Gemilang Kelompok A Kebayoran Lama Jakarta Selatan menunjukkan hasil yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Haryanti Jaya Harjani, SST, FT., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kemandirian Anak.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 28 May 2025 05:00
Last Modified: 28 May 2025 05:00
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item
View Item