WALOH, ASMAH (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI SAAT PANDEMI COVID-19 DI ANUBAN SALAFEE THAILAND. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of ASMAH WALOH-PGP18040059.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ASMAH WALOH-PGP18040059.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pandemi Covid-19 yang tengah melanda seluruh penjuru dunia mempengaruhi segala aspek kehidupan. Demi mengurangi angka penyebaran Covid -19 Pemerintah menerapkan social distancing, langkah yg diambil oleh pemerintah ini sangat berdampak di semua aspek kehidupan salah satunya dunia pendidikan. Tentunya guru sangat berperan penting dalam keberlangsungan proses belajar ini. Langkah yg diambil oleh guru salah satunya mengubah metode pembelajaran demi menyamakan penerapan social distancing tersebut. Strategi pembalajaran saat ini secara pelaksanaan akan berbeda dengan strategi pembelajaran pada sebelumnya. Dengan demikian, strategi pembelajaran saat pandemi Covid-19 ini adalah cara atau langkah-langkah yang digunakan oleh guru PAUD khususnya di Negara Thailand dalam menerapkan pembelajaran di masa pandemi agar tujuan dan aspek pembelajaran tetap dapat tercapai dengan baik dan efektif.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran anak usia dini saat pandemi Covid-19 di Anuban Salafee Thailand.
Untuk metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan kenyataan yang terjadi di lapangan ketika penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan 1) Analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan analisis deskriptif. 2) Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAUD di Anuban Salafee saat pandemi Covid adalah melalui pembelajaran jarak jauh, dengan menggunakan metode pembelajaran Online (daring) dan metode pembelajaran On-hand (luring). Pembelajaran Online dilakukan melalui jaringan internet seperti guru membuat vidio pembelajaran terus up-load ke group Facebook dan siswa mengakses materi, penjelasan dan tugasnya melalui group Facebook tersebut. Sedang pembelajaran On-hand adalah pembelajaran lain selain daripada pembelajaran Online seperti pembelajaran melalui buku pembelajaran, lembar kerja siswa dan kegiatan-kegiatan kreativitas lain yang dilakukan siswa saat dirumah, seperti kegitan menulis, menggambar, mewarni gambar, menempel, menggunting dan lain-lain. Selain itu kegiatan home visit (kunjungan rumah) juga termasuk dalam strategi pembelajaran yang lakukan guru saat pandemi Covid-19, untuk melengkapi pembelajaran Online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Renti Aprisyah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Anak Usia Dini, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:09 |
Last Modified: | 20 May 2025 04:09 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/795 |