Ramadani, Novia (2024) PERAN GURU MELALUI METODE BERCERITA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA DI TK AL-ISTIQOMAH KELOMPOK A DESA CIBEUTEUNG MUARA KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of Novia Ramadani - 2021008.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Novia Ramadani - 2021008.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini membahasa tentang. “Peran Guru Melalui Metode Bercerita Dalam Perkembangan Bahasa di TK Al-Istiqomah Kelompok A Desa Cibeteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.” Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru melalui metode bercerita dalam perkembangan bahasa di TK Al-Istiqomah kelompok A dan untuk mendeskripsikan bentuk perkembangan bahasa anak yang dilakukan guru di TK Al-Istiqomah Desa Cibeuteung Muara kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan menggambarkan peran guru menggunakan perkembangan bahasa pada anak usia dini di TK Al-Istiqomah Desa Kelompok A Cibeuteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Subyek pada penelitian ini berjumlah 13 anak kelas A di TK Al-Istiqomah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan skala likert. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan di lapangan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, untuk memperoleh data yang benar.Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). Peran Guru Melalui Metode Bercerita Dalam Perkembangan Bahasa di TK Al-Istiqomah Kelompok A telah berhasil diterapkan dengan baik, dari mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi. Untuk proses pelaksanaannya melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik oleh guru. Peran guru melalui metode bercerita dalam perkembangan bahasa di TK Al-Istiqomah berhasil diterapkan dengan baik, dari mulai perencanaan, pelaksanaanm sampai evaluasi. Guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan pengembangan Bahasa; 2). Bentuk tahap perkembangan bahasa anak seperti pralinguistik, linguistik, holofrasis, dan ucapan dua kata. Pada hasil penelitian di TK Al-Istiqomah Desa Cibeuteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Provisi Jawa Barat memperoleh perkembangan bahasa yang baik, bisa meningkatkan kosa kata dengan baik, berhasil diterapkan dibuktikan bahwa anak sudah dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik saat berinteraksi dengan teman sebaya sehingga anak memperoleh banyak kosa kata. Pembuktiannya juga diperkuat dengan form checklist melalui penilaian skala likert mengenai indikator dan butir pernyataan yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian. Adanya peningkatan kemampuan anak yang diambil dari form checklist yang di isi guru juga orang tua menyatakan bahwa jumlah sebelum penelitian terdapat 3 anak dengan katergori K, 5 anak dengan kategori S dan 7 anak dengan kategori SL dan setelah penelitian 2 anak dengan kategori SR dan 13 anak dengan kategori SL; 3). Kemampuan berbahasa anak melalui cerita di TK Al-Istiqomah sudah mulai berkembang dengan baik. Dan sangat penting untuk perkembangan anak usia dini karena bahasa membantu anak berkomunikasi dan menyampaikan ide dan pendapat mereka kepada orang lain. Oleh karena itu, diharapkan cerita dapat menarik perhatian anak dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar. Pembelajaran mereka juga tidak mencapai potensi maksimal. Faktor pendukung kemampuan berbahasa siswa melibatkan aspek seperti fasilitas sekolah siswa terhadap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Haryanti Jaya Harjani,SST.FT., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Metode Bercerita, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:38 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:38 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/788 |