STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SESUAI HUKUM TAJWID (STUDI KASUS SMP RIYADHUL JANNAH)

Rusdiana, Muhammad (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SESUAI HUKUM TAJWID (STUDI KASUS SMP RIYADHUL JANNAH). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of M. Rusdiana - 19130166.pdf] Text
M. Rusdiana - 19130166.pdf

Download (687kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang penting bagi siswa baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Pada mata pelajaran PAI khususnya kelas VII di SMP Riyadhul Jannah terbagi menjadi 4 bagian salah satunya Al-Qur’an. Mengingat siswa yang baru menduduki bangku sekolah menengah pertama dari berbagai sekolah dasar sebelumnya, sering penulis temukan masih banyak siswa yang kurang fasih membaca Al-Qur’an dan dibutuhkan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an serta perlu diketahui bagaimana peningkatan perkembangan kemampuan membaca al-qur’an siswa di SMP Riyadhul Jannah. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, siswa dan orang tua siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (verification). Penelitian bertujuan untuk: Menjelaskan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an. Menjelaskan bagaimana peningkatan kemampuan baca Al-Qur’an siswa SMP Riyadhul Jannah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru adalah: Pertama, Guru mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan baca AlQur’an, dengan menggunakan strategi Sorogan, Klasikal Individu, Klasikal Baca Simak. Metode yang digunakan metode Iqro’ dan Qiro’ati. Kedua, guru membiasakan baca Al-Qur’an sebelum belajar memulai pelajaran. Ketiga, guru memberikan latihan hapalan untuk anak yang lancar membaca Al-Qur’an dan belajar kusus Iqro’ untuk anak yang masih belajar huruf hijaiyyah. Sementara faktor pendukung strategi guru adalah Orang tua, peranan dan perhatian kepala sekolah serta minat dan motivasi siswa untuk terus belajar Al-Qur’an dan faktor penghambat strategi guru adalah keterbatasanwaktu dan keterbatasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Saiful Bahri, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Startegi Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Baca Al-Qur’an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 16 Apr 2025 08:54
Last Modified: 16 Apr 2025 08:54
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item
View Item