FADILLAH, JIHAN (2024) PENGEMBANGAN PROTOTIPE BUTIR SOAL HOT’s PADA EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII MTs. SA AN-NUR CISEENG BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of JIHAN FADILLAH - 2013017.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JIHAN FADILLAH - 2013017.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) untuk memperoleh kisikisi pengembangan butir soal HOT’s pada mata pelajaran SKI; (2) untuk memperoleh butir soal HOT’s pada mata pelajaran SKI; (3) untuk memperoleh butir soal yang memiliki tingkat validitas, reliabilitas, kesukaran, daya pembeda butir soal yang baik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs. SA An-Nur Ciseeng Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3-D yang diadaptasi dari model 4-D yang diprakarsai oleh Thiagarajan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Akhwat MTs. SA An-Nur Ciseeng Bogor, sebanyak 22 orang peserta didik. 6 orang dipilih untuk tahap uji coab pertama yang terdiri dari peserta didik yang
berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Dan 16 orang lainnya mengikuti uji coba kedua. Serta terdapat validator ahli/pakar dan praktisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan program EXCEL untuk mengetahui (1) Validitas Logis dan Empiris, (2) Reliabilitas, (3) Tingkat Kesukaran, (4) Daya Pembeda butir soal. Berdasarkan hasil dari analisis butir soal, pengembangan prototipe butir soal HOT’s dalam evaluasi pembelajaran mata pelajaran SKI kelas VIII MTs. SA An-Nur Ciseeng Bogor. Dinyatakan valid dan reliabel, mempunyai tingkat kesukaran dan daya pembeda dari masing-masing butir soal. Butir soal dinyatakan valid
karena sudah memenuhi validitas logis yang didapatkan dari validator ahli dan praktisi dengan skor rata-rata sebesar 3,73. Berdasarkan uji validitas empiris diketahui dari 20 butir soal yang dikembangkan oleh peneliti dapat dinyatakan valid. Reliabilitas butir soal secara umum dinyatakan reliabel dengan jumlah skor yang diperoleh sebesar 0,76 dengan kategori reliabilitas tinggi. Tingkat kesukaran yang dihasilkan sudah cukup baik dengan jumlah 1 soal dengan kategori mudah, 17 soal dengan kategori sedang, dan 2 soal dengan kategori sukar. Dan untuk daya pembeda dari butir soal yang dihasilkan dengan kategori sangat baik berjumlah 4 soal, kategri baik berjumlah 7 soal, kategori cukup berjumlah 6 soal dan kategori jelek berjumlah 3 soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Fatkhu Yasik, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Prototipe Butir Soal, HOT’s, Evaluasi Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 05:03 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 05:03 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/773 |