IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BIDANG STUDI FIKIH MATERI SALAT FARDHU JAMAK DAN QASHAR KELAS VII MTS NEGERI 37 JAKARTA BARAT

AINIAH, INDAH (2024) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BIDANG STUDI FIKIH MATERI SALAT FARDHU JAMAK DAN QASHAR KELAS VII MTS NEGERI 37 JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Indah Ainiah - 2013121.pdf] Text
Indah Ainiah - 2013121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran fikih di MTs Negeri 37 Jakarta Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendeketan penelitian kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan observer. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII A MTs Negeri 37 Jakarta Barat yang berjumlah 27 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya implementasi metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa di bidang studi fikih materi salat fardhu jamak dan qasar di kelas VII A MTs Negeri 37 Jakarta Barat. Dalam pra siklus, siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau jika dipersentasekkan sebesar 25,92%. Pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau jika dipersentasekan sebesar 48,14%. Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa atau jika dipersentasekan sebesar 96,29%. Peningkatan hasil belajar siswa mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 74,07% dari jumlah siswa sebanyak 27 anak. Ini telah membuktikan bahwa dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa pada bidang studi fikih materi salat fardhu jamak dan qasar kelas VII A MTs Negeri 37 Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Yudril Basith, MA
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, pemahaman siswa, fikih
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 16 Apr 2025 04:50
Last Modified: 16 Apr 2025 04:50
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item
View Item