Oktavia, Anisa (2024) Pengaruh Regulasi Diri dan Grit terhadap Kecemasan saat Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Diploma thesis, UNUSIA.
Anisa Oktavia - 19190133.pdf
Download (4MB)
Abstract
Skripsi merupakan salah satu syarat kelulusan yang harus dijalankan oleh setiap mahasiswa untuk mendapatkan gelar yang mereka inginkan. Hal itu justru sering kali menimbulkan rasa cemas pada mahasiswa tingka akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Maka dari itu, diperlukan upaya untuk mencegah rasa cemas tersebut, salah satunya dengan upaya meningkatkan kemampuan regulasi diri dan grit pada individu tersebut.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan grit terhadap kecemasan saat menyusun skripsi pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi sebanyak 252 orang yang diambil dengan menggunakan Probability Sampling dengan teknik Purposive Random Sampling. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan 3 skala kuesioner, yaitu skala regulasi diri yang terdiri dari 21 aitem, skala grit yang terdiri dari 9 aitem, dan skala kecemasan yang terdiri 33 aitem. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian menunjukkan regulasi diri dan grit berpengaruh yang bernilai negatif terhadap kecemasan, regulasi diri berpengaruh yang bernilai negatif terhadap kecemasan, dan grit berpengaruh yang bernilai negatif terhadap kecemasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Chintia Viranda, S.Psi., M.A |
Uncontrolled Keywords: | Regulasi Diri, Grit, Kecemasan, Mahasiswa, Skripsi |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > S1 Psikologi |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:54 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/688 |