Hubungan strategi coping stress dengan motivasi belajar pada siswa SMA 96 Jakarta Barat dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi

Syarifah, Humairo Ummu (2019) Hubungan strategi coping stress dengan motivasi belajar pada siswa SMA 96 Jakarta Barat dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Humairo Ummu Syarifah-PSI 15010005.pdf] Text
Humairo Ummu Syarifah-PSI 15010005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejak bulan Maret 2020, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mulai menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh di seluruh segmen pendidikan akibat adanya pandemi Covid-19 di Indonesia. Sistem pembelajaran jarak jauh memberikan dampak stres serta menurunnya motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara strategi Coping stres dengan motivasi belajar pada siswa SMAN 96 Jakarta Barat dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 249 siswa di SMAN 96 Jakarta Barat. Alat ukur strategi Coping yang digunakan yaitu berasal dari teori Lazarus & Folkman dengan dimensi Problem Focused Coping dan Emotion Focused Coping. Sedangkan pada alat ukur motivasi belajar, digunakan teori dari Sadirman dengan dimensi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Berdasarkan hasil analisis pearson product moment correlation didapatkan hubungan positif yang signifikan antara strategi Coping dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi sebesar 0.719.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi coping, Motivasi belajar, Belajar Jarak jauh
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > S1 Psikologi
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:54
Last Modified: 10 Aug 2023 08:24
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item
View Item