Inovasi Manajemen Perubahan Pada Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam Tegalrejo Magelang Di Era Modern

Basori, Ruchman and Raharjo, Tri Joko and Arief, Yulianto and Titin, Prihatin (2023) Inovasi Manajemen Perubahan Pada Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam Tegalrejo Magelang Di Era Modern. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INOVASI MANAJEMEN PERUBAHAN PADA SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ASRAMA PERGURUAN ISLAM TEGALREJO MAGELANG DI ERA MODERN] Text (INOVASI MANAJEMEN PERUBAHAN PADA SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ASRAMA PERGURUAN ISLAM TEGALREJO MAGELANG DI ERA MODERN)
disertasi full.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang memiliki sejarah panjang dan peran yang penting dalam
membentuk karakter dan moral peserta didiknya. Namun, dalam menghadapi dinamika zaman yang terus berkembang, pesantren ini dihadapkan pada berbagai perubahan yang memerlukan
strategi manajemen yang efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Teori ADKAR (Awareness, Desire,Knowledge, Ability, Reinforcement) dalam konteks inovasi manajemen perubahan di Pondok
Pesantren API Tegalrejo Magelang Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field study. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengurus pesantren, guru, dan santri, serta
observasi partisipatif dalam lingkungan pesantren. Selain itu dengan melakukan pengumpulan data beupa dokumen-dokumen terkait dengan pengelolaan pondok pesantren. Analisis data
dilakukan melalui proses pemetaan konsep Teori ADKAR dengan situasi dan praktik manajemen perubahan di pesantren.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Teori ADKAR dalam manajemen perubahan di Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang telah memberikan kontribusi positif dalam mengelola perubahan. Kesadaran (Awareness) akan pentingnya perubahan telah ditanamkan dengan efektif melalui komunikasi yang terbuka dan partisipasi aktif dari seluruh
stakeholders pesantren. Minat (Desire) untuk mengikuti perubahan juga terwujud melalui pemahaman akan manfaat perubahan tersebut.

Selanjutnya, pemberian pengetahuan (Knowledge) dan pengembangan keterampilan (Ability) terkait perubahan telah dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan yang berkesinambungan. Hal ini membantu para pengurus, guru, dan santri untuk mengatasi tantangan yang muncul selama proses perubahan. Terakhir, penguatan (Reinforcement) terhadap perubahandilakukan melalui implementasi kebijakan, pemantauan, dan umpan balik berkelanjutan.

Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana Teori ADKAR dapat menjadi landasan yang kuat dalam mengelola perubahan di lingkungan pondok
pesantren. Temuan ini dapat memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan manajemen perubahan di lembaga-lembaga serupa dan membantu pesantren lain dalam menghadapi dinamika perubahan yang semakin kompleks. Sekaligus dapat menjadi bahan kebijakan dan penyusunan program pengembangan pesantren salafiyah pada Kementerian Agama RI.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Inovasi Manajemen Perubahan, Sistem Pendidikan Pesantren Salaf
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pak Ngadimin Khan
Date Deposited: 07 Dec 2024 06:49
Last Modified: 07 Dec 2024 06:53
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item
View Item