Pemikiran pembaharuan pendidikan Pesantren dan Madrasah (Studi atas pemikiran pendidikan Islam K.H.A. Wahid Hasyim

Basori, Ruchman (2004) Pemikiran pembaharuan pendidikan Pesantren dan Madrasah (Studi atas pemikiran pendidikan Islam K.H.A. Wahid Hasyim. Masters thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of TESIS.pdf] Text
TESIS.pdf

Download (136MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul "Pemikiran pembaharuan pendidikan Islam Pesantren dan Madrasah (Studi atas pemikiran pendidikan K.H.A. Wahid Hasyim)" merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan sejarah intelektual (intellectual bigraphy), yang lebih difokuskan pada pendekatan sejarah intelektual (jistorical philoshopy approach). Maksudnya adalah pendekatan dengan melihat setiap permasalahan yang dibahas dalam setting politik yang benar-benar terjadi. Pendekatan sejarah (historical approach) digunakan dalam menganalisis data, ide, gagasan dan pemikiran K,.H.A. Wahid Hasyim tentang pembaharuan pesantren dan madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pemikiran pembaharuan pendidikan pesantren dan madrasah K.H.A. Wahid Hasyim dalam dinamika pendidikan Islam di Indonesia dan mengetahui strategi pemikiran dan gerakan KH. A. Wahid Hasyim dalam pembaharuan pendidikan pesantren dan madrasah di Indonesia khususnya pada awal abad 20. Dalam menganalisis data penelitian menggunakan metode deskriptif-analitis, metode komperatif dan metode analisis histiris

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan pesantren
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:37
Last Modified: 04 Dec 2024 03:37
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item
View Item