PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV MIN 5 JAKARTA

Latifah, Latifah (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV MIN 5 JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Latifah-19170001.pdf] Text
Latifah-19170001.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini guna mengetahui pengaruh penggunaan media buku cerita bergambar dapat mengukur pemahaman minat membaca siswa kelas IV. Metode penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel penelitian kelas IV. Lokasi penelitian MIN 5 Jakarta. Temuan penelitian ini, memperlihatkan bahwa perolehan siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media buku cerita gambar lebih tinggi bila dibandingkan dengan pembelajaran yang konvensional. Terlihat dari hasil yang diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,18 dan 63,06 untuk kelas kontrol. Pemberian media buku cerita gambar dapat menunjukkan keterkaitan antara unsur-unsur keterampilan atau kemampuan yang perlu dikuasai siswa antara lain: mengamati, mengklasifikasi, menafsirkan, meramalkan, dan menerapkan. Untuk memperkuat seberapa besar pengaruhnya hasil belajar Nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 87,09, sementara pada kelas kontrol adalah 78,96. Hasil uji normalitas berdistribusi normal dengan sig 0,200>0,05. Hasil uji homogenitas yaitu homogen 0,417>0,05. Uji independent-samples t-test bernilai sig 0,000 < 0,05, disimpulkan H1 diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Anggun Prastika Sandi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media, Minat Membaca
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:40
Last Modified: 31 Oct 2023 06:40
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item
View Item