Latifah, Latifah (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV MIN 5 JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.
Latifah-19170001.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini guna mengetahui pengaruh penggunaan media buku cerita bergambar dapat mengukur pemahaman minat membaca siswa kelas IV. Metode penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel penelitian kelas IV. Lokasi penelitian MIN 5 Jakarta. Temuan penelitian ini, memperlihatkan bahwa perolehan siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media buku cerita gambar lebih tinggi bila dibandingkan dengan pembelajaran yang konvensional. Terlihat dari hasil yang diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,18 dan 63,06 untuk kelas kontrol. Pemberian media buku cerita gambar dapat menunjukkan keterkaitan antara unsur-unsur keterampilan atau kemampuan yang perlu dikuasai siswa antara lain: mengamati, mengklasifikasi, menafsirkan, meramalkan, dan menerapkan. Untuk memperkuat seberapa besar pengaruhnya hasil belajar Nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 87,09, sementara pada kelas kontrol adalah 78,96. Hasil uji normalitas berdistribusi normal dengan sig 0,200>0,05. Hasil uji homogenitas yaitu homogen 0,417>0,05. Uji independent-samples t-test bernilai sig 0,000 < 0,05, disimpulkan H1 diterima dan Ho ditolak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Anggun Prastika Sandi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Media, Minat Membaca |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:40 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:40 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/614 |