HUBUNGAN SIKAP ILMIAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V MIS ASSALAM RIYADHUL JANNAH PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 DENGAN PENDEKATAN ENVIRONMENTAL LEARNING

Zein, Almaz Nessa (2023) HUBUNGAN SIKAP ILMIAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V MIS ASSALAM RIYADHUL JANNAH PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 DENGAN PENDEKATAN ENVIRONMENTAL LEARNING. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of ALMA NESSA ZEIN-19170015.pdf] Text
ALMA NESSA ZEIN-19170015.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sikap ilmiah siswa Kelas V MIS Assalam Riyadhul Jannah, bagaimana literasi sains siswa Kelas V MIS Assalam Riyadhul Jannah dan untuk mengetahui apakah sikap ilmiah berhubungan terhadap literasi sains siswa kelas V MIS Assalam Riyadhul Jannah pada Tema 8 Subtema 3. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa MIS Assalam Riyadhul Jannah tahun pelajaran 2022/2023 yan total keseluruhan 146 siswa. Sampel yang diteliti yaitu kelas 5 yang terdiri dari 27 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal essay. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah Analisis Data Statistik Deskriptif dan Analisis Data Korelasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan bantuan SPSS menggunakan uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan sebesar 0,806 antara hasil sikap ilmiah dan literasi sains siswa, dikategorikan memiliki hasil yang sangat kuat dengan kekuatan hubungan yang positif sebesar 80% antara sikap ilmiah dan literasi sains, artinya, sikap ilmiah dan literasi sains siswa berkorelasi. Hipotesis penelitian (Ha) diterima, sedangkan hipotesis (Ho) ditolak. Hal tersebut di dasarkan oleh sikap ilmiah yang baik sesuai dengan observasi dan literasi sains mendapat nilai yang baik dalam menjawab pertanyaan literasi sains. Sehingga penelitian ini membuktikan bahwa sikap ilmiah berhubungan dengan literasi sains siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembibing : Amira Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: hubungan, sikap ilmiah, dan literasi sains
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2023 08:15
Last Modified: 28 Oct 2023 08:16
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item
View Item