Ibrahim, Vira Anggraini (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI GURU AL-QUR'AN HADIST DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS DA'I KHAARAT JAKARTA BARAT TAHUN 2022-2023. Diploma thesis, UNUSIA.
VIRA ANGGRAINI-19130034.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan peneliti ini untuk mengetahui Implementasi Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Da’il Khairaat Jakarta Barat Tahun 2022/2023 dan untuk mengetahui kendala dan solusi implementasi strategi Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Da’il Khairaat Jakarta Barat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif .yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakai dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Analisis data menunjukkan bahwa Strategi yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa : Menerapkan pendekatan individualisasi, Menggunakan metode pembelajaran aktif, Menggunakan media pembelajaran yang menarik, Memberikan panduan dan umpan balik yang konstruktif, Menciptakan suasana kelas yang positif, Mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari dan Menggunakan teknologi pendidikan.Upaya Guru Al-Qur’an Hadits pada setiap strategi harus disesuaikan dengan konteks dan kebutuhan siswa dan melakukan refleksi dan evaluasi berkala terhadap implementasi strategi ini untuk memastikan efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hayaturrohman, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Al-Qur’an Hadits, Motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 08:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 08:42 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/609 |