STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI SISWA DI SMP ATMANAGARI BABAKAN SABRANG DESA BABAKAN KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR

Laela, Siti Nurfi (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI SISWA DI SMP ATMANAGARI BABAKAN SABRANG DESA BABAKAN KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of SITI NURALFI LAELA-17130103.pdf] Text
SITI NURALFI LAELA-17130103.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pembinaan akhlak terpuji siswa di SMP Atamanagari Babakan Sabrang Desa Babakan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik instrument yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan penelitian kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Atmanagari Babakan Sabrang Desa Babakan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Strategi guru PAI di SMP Atmanagari yaitu melalui pembinaan akhlak. Pembinaan akhlak yang dilakukan melalui berbagai macam metode pembinaan, yaitu keteladanan, pengajaran pembiasaan, pemberian hadiah dan pemberian hukuman. Namun, strategi yang dilakukan oleh guru PAI tidak semuanya cocok pada karakter siswa, karena setiap siswa memiliki karakter yang berbeda. Adapun hasil implementasi pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru PAI secara konsisten dan bereklanjutan membuat siswa lebih terarah dan teratur pada pembinaan akhlaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Hayaturrohman, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru PAI, Pembinaan Akhlak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:38
Last Modified: 20 Oct 2023 07:38
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item
View Item