Apriliani, Resa Maya (2023) KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ZAKIAH DARADJAT RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU (Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen). Diploma thesis, UNUSIA.
RESA MAYA APRILIANI-16130007.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang dari penulis ini adalah penulis tertarik untuk mengetahui apakah ada relevansi kepribadian guru menurut Zakiah Daradjat dengan kepribadian guru pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Manfaat dari penelitian ini untuk memberikan bahan masukan kepada para pendidik dalam mengajar dan memberikan pendidikan pada anak didik. Pada saat ini masih adanya sebagian guru dalam sebuah lembaga pendidikan mengalami krisis kepribadian sehingga menyebabkan meredupnya citra seorang guru dikalangan anak didik dan masyarakat.
Metode penelitian yang digunakan adalah library research, di mana penulis menggunakan pendapat para ahli yang terkait dengan penelitian ini, yang kemudian dianalisis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah konsep kepribadian guru menurut Zakiah Daradjat dan kepribadian guru yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi kepribadian guru menurut Zakiah Daradjat dengan kepribadian guru yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 masih tetap relevan. Seorang guru seharusnya memiliki kepribadian yang baik, terutama dalam sikap dan sifat yang dimulai dari diri sendiri. Guru juga harus menjadi contoh yang baik bagi siswanya, baik dalam perilaku di dalam maupun di luar kelas, sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Cara guru bergaul dengan siswa dan rekan-rekannya merupakan cerminan dari kepribadian yang dimiliki oleh guru. Selain itu, seorang guru juga harus selalu memberikan nasihat kepada siswanya dan mencegah mereka dari perilaku yang tidak pantas. Guru juga harus memiliki akhlak yang mulia dan bersikap tenang serta menyenangkan dalam menyampaikan materi pembelajaran agar mudah dipahami oleh siswa dan terjalin interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Saiful Bahri, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian Guru, Zakiah Daradjat, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 07:22 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 07:22 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/602 |