EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-MUNAWWAROH CENGKARENG JAKARTA BARAT

Ramadhan, Muhammad Rifqi (2023) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-MUNAWWAROH CENGKARENG JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Muhammad Rifqi Ramdhan-18130090.pdf] Text
Muhammad Rifqi Ramdhan-18130090.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi karena keingintahuan peneliti terkait efektivitas metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di Mts Al-Munawwroh Cengkareng oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana metode demonstrasi telah diterapkan di Mts Al-Munawwaroh Cengkareng Jakarta Barat. 2. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih di Mts Al-Munawwaroh Cengkareng Jakarta Barat.

Untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi, penelitian ini dilakukan menggunakan metode Kualitatif. Dengan alat pengumpulan data yaitu observsi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tekik triangulasi data.

Metode demonstrasi sangat efektif diterapkan di Mts Al-Munawwaroh. Bisa dilihat dari tercapainya hasil belajar, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya 32 peserta didik mencapai nilai KKM dan 4 peserta didik dengan nilai di atas 90, dan rata-rata nilai yang diperoleh dari seluruh siswa adalah 81,63. Selain itu mata pelajaran fiqih pada kelas VII lebih banyak praktek jadi saat pembelajaran siswa lebih mudah memahami materi ketika menggunakan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : M. Abd Rahman, MA.M.Hum
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, efektifitas, fiqih
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:21
Last Modified: 20 Oct 2023 06:21
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item
View Item