Agustina, Riza and Ratnasari, Dwi and Aprilia, Yolanda Puji (2022) PENDAMPINGAN KELOMPOK BELAJAR ANAK USIA DINI DI KAMPUNG MULYASARI DESA SUKAMULYA KABUPATEN BOGOR. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1): 313. pp. 62-69. ISSN 2963-9115
536 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (31kB)
Abstract
Belum adanya sekolah permanen di Kampung Sukamulya, Mulyasari, Bogor, menyebakan
anak-anak belum mendapatkan pendidikan yang layak. Kondisi itulah yang telah mendorong
kami untuk melakukan kegiatan pendampingan bagi anak-anak usia dini. Pendampingan ini
dilakukan dengan pendekatan action research yang terdiri dari empat tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan terakhir adalah refleksi. Adapun
aktifitas pendampingan yang kami laksanakan adalah: Pertama, penggunaan metode drill pada
kegiatan mewarnai dan materi kolase. Anak-anak dilatih mengelola seni rupa yang diwujudkan
dengan keterampilan menyusun dan merekatkan bagian-bagian bahan alam, bahan buatan dan
bahan bekas pada kertas gambar sampai dihasilkan tatanan yang unik dan menarik. Kedua,
penggunaan metode bercerita untuk menyampaikan atau menyajikan materi pembelajaran
secara lisan dalam bentuk cerita dari guru ke anak. Metode ini bertujuan untuk memberikan atau
menanamkan nilai-nilai sosial, moral, anti kekerasan, dan lingkungan sosial. Pendampingan ini
mendapatkan respon positif, terbukti dengan antusias anak-anak dalam mengikuti kegiatan dari
awal hingga selesai. Aktifitas anak-anak usia dini yang semula lebih banyak bermain, sekarang
dibarengi sambil belajar. Anak-anak di desa Mulyasari juga bisa merasakan pembelajaran seperti
lembaga TK atau PAUD lainnya. Salah satu keterbatasan dalam kegiatan pendampingan ini adalah
kurangnya buku bacaan bagi anak-anak
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendampingan Belajar; Anak Usia Dini; Metode Drill; Metode Bercerita |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Unnamed user with username feby |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 04:04 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 04:04 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/592 |