PEMBELAJARAN KITAB AKHLAK LIL BANIN JILID 1 HUBUNGANNYA TERHADAP AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL MA’WA CICALENGKA BANDUNG (STUDI KASUS : SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL MA'WA)

Kurnia, Muhamad (2023) PEMBELAJARAN KITAB AKHLAK LIL BANIN JILID 1 HUBUNGANNYA TERHADAP AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL MA’WA CICALENGKA BANDUNG (STUDI KASUS : SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL MA'WA). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Muhamad Kurnia-16130069.pdf] Text
Muhamad Kurnia-16130069.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasidari guru akhlak bahwa santri mampu memahami materi akhlak namun banyak santri pula yang masih mengalami kemerosotan dalam akhlak, hal ini ditandai dengan adanya peserta didik yang mengabaikan pembicaraan orang tua karena gadget, peserta didik yang tidak sopan terhadap guru di kelas, peserta didik yang berkata kotor dan kasar terhadap sesama, peserta didik yang melakukan tauran antarkelas, suara bicara peserta didik melebihi suara guru. Hal tersebut menunjukan adanya permasalahan yang menarik untuk diteliti.

Tujuan penelitian ini mengetahui: 1) Realitas pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin jilid 1 di pondok pesantren Darul Ma’wa. 2) Realitas akhlak santridi pondok pesantren Darul Ma’wa Cicalengka Bandung. 3) hubungan pembelajaran Akhlak LilBanin jilid 1 terhadap akhlak santri di pesantren Darul Ma’wa. Pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 mempengaruhi pemahaman akhlak mereka. Pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 dapat menimbulkan respon untuk merubah akhlak mereka menjadi lebih baik.
Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah kolerasi pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 hubungannya dengan akhlak santri pesantren Darul Ma’wa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan santri kelas II di Pesantren Darul Ma’wa Cicalengka Bandung berjumlah 58 santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis parsial, uji normalitas data, uji regresi, uji kolerasi, dan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Realitas pembelajarankitab akhlak lil banin jilid 1 termasuk dalam kategori positif dengan nilai rata-rata 3.91 berada di skala 3.40-4.19. 2) Realitas akhlak santri kelas II Pesantren Darul Ma’wa Cicalengka Bandung termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 3.99 berada di skala 3.40-4.19. 3) Hubungan pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 hubungannya dengan akhlak santri Darul Ma’wa Cicalengka Bandung termasuk dalam korelasi sangat tinggi dengan nilai uji korelasi person yaitu 0.91 berada di interval 0.81-1.00. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 0.78% dan sisanya di pengaruhi oleh faktorlain. Dari perhitungan uji hipotesis dapat diketahui nilai thitung 17.448 > dari ttabel 2.008. maka dapat disimpulkan Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 terhadap akhlak santri kelas II Darul Ma’wa Cicalengka Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dede Setiawan, M.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Akhlak Lil banin jilid 1, Akhlak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:13
Last Modified: 20 Oct 2023 06:13
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item
View Item