Kusnanto, Kusnanto (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS 7 DI MTS AL- TSAQAFAH. Diploma thesis, UNUSIA.
Kusnanto-PAI18130021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru MTS Al�Tsaqafah dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTS Al-Tsaqafah. Dalam pencegahan maupun tindak lanjut tersebut maka guru Pendidikan Agama Islam membutuhkan berbagai macam program serta upaya dalam mendorong, mengatasi tindakan siswa yang masih kurang minat dalam belajar. Sehingga dalam hal ini, bertujuan untuk mengatasi kurangnya minat belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di MTS Al-Tsaqafah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Penelitan ini mengambil latar belakang di MTS Al-Tsaqafah. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru PAI guru bahasa Inggris atau anggota BPM “Badan Penjamin Mutu” dan peserta didik MTS Al-Tsaqafah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, baik sumber maupun teknik. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk stratergi guru yang ada pada MTS Al-Tsaqafah yaitu guru selalu memberikan motivasi sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Guru memberikan reward atau hadiah bagi siswa yang berprestasi dan siswa yang rajin. (2) Faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu faktor penghambat internal diantaranya siswa bersifat malas belajar, bersikap ingin menunjukan eksistensi dan pengaruh kekurangan yang dimiliki siswa, baik kekurangan secara pengetahuan maupun kekurangan disiplin. Sedangkan faktor penghambat eksternal yang ada di MTS Al�Tsaqafah yaitu pengaruh teman sebaya serta pengaruh keluarganya. (3) faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTS Al-Tsaqafah, Faktor pendukung secara internal yaitu siswa yang semangat belajar dan rajin belajar, sikap guru yang pandai serta bijaksana dan ramah kemudian fasilitas baik sarana dan prasarana dilingkungan sekolah yang lengkap. Adanya agenda kunjungan ulama-ulama besar dari berbagai Negara, hal ini sangat mendukung siswa dalam meningkatkan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nur Kabibuloh, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Guru Pendidikan Agama Islam, mata pelajaran SKI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 06:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 06:48 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/590 |