Hidayani, Hidayani (2023) KONSEP KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM SUDUT PANDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Diploma thesis, UNUSIA.
HIDAYANI-19130110.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep karakter Profil Pelajar Pancasila dalam sudut pandang Pendidikan Agama Islam baik di sekolah maupun di madrasah.
Penelitian ini mengunakan pendekatan library research dengan teknik analisis kualitatif deskriptif yaitu hasil validasi dari berbagai sumber referensi yang berbeda-beda terkait Profil Pelajar Pancasila dan Pendidikan Agama Islam. Data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Data diperoleh dengan langkah mengumpulkan informasi kepustakaan, membaca catatan dan menyiapkan bahan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya relevansi antara karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan dari penelitian yakni: 1) terdapat persamaan antara karakter Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil Alamin dengan tujuan dan visi Pendidikan Agama Islam, 2) fokus Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Llil Alamin, yaitu mengembangkan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Pendidikan Agama Islam juga memiliki visi membentuk peserta didik agar beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cakap, kreatif, berilmu, sehat, mandiri serta bersungguh-sungguh sehinga dapat terampil sebagai khalifatullah fil ardh yang dapat mewujudkan rahmatan lil alamin, 3) pembelajaran PAI yaitu pembelajaran yang memiliki muatan nilai kehidupan yang lengkap baik jasadi maupun rohani (pendidikan dengan muatan pelibatan ketuhanan dan kenabian).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Mujahid, M.M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 05:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 05:54 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/585 |