PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SMPN 97 JAKARTA TIMUR

Harianti, Adhani (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SMPN 97 JAKARTA TIMUR. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Adhani Harianti-19130001.pdf] Text
Adhani Harianti-19130001.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Penerapan Pendidikan inklusi masih banyak kendala yang ditemukan yaitu masih minimnya sarana penunjang, kurikulum yang diterapkan untuk pendidikan inklusi masih belum bisa mengakomodasi anak berkebutuhan khusus. tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pendidikan inklusi terhadap anak berkebutuhan khusus tunagrahita dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan guru PAI dalam implementasi pendidikan inklusi terhadap anak berkebutuhan khusus tunagrahita.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif field research , yang mana menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PAI dan guru BK yang berada di SMP Negeri 97 Jakarta.

Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa Implementasi pendidikan inklusi terhadap anak tunagrahita di SMP Negeri 97 Jakarta tidak ada perbedaan dengan anak umum/normal lainnya. sehingga kurikulum, RPP, media dalam pembelajaran yang digunakan sama dengan anak umum/normal lainnya. Yang membedaakan pada saat pelaksanaan penilaian untuk tingkat kesulitan soal dibuat lebih mudah dan jumlah soalnya dibuat lebih sedikit. Dan faktor pendukung guru PAI dalam implementasi pendidikan inklusi terhadap anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SMP Negeri 97 Jakarta meliputi ketrampilan personal guru dan semangat peserta didik tunagrahita. Sedangkan Faktor penghambat guru PAI dalam implementasi pendidikan inklusi terhadap anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SMP Negeri 97 Jakarta yaitu tidak tersedianya guru pendamping khusus dan sarana dan prasarana yang kurang mencukupi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Saiful Bahri, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Tunagrahita
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:29
Last Modified: 18 Oct 2023 07:29
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item
View Item